Analisis Perlakuan Akuntansi Terhadap Pendapatan Bunga Atas Perubahan Suku Bunga Fixed ke Floating pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) tbk Kantor Cabang Manado

Authors

  • Oswald Tumilaar STIE Eben Haezar Manado

Keywords:

Perlakuan Akuntansi, Pengakuan Pendapatan Bunga, Suku Bunga Fixed, Suku Bunga Floating

Abstract

Pendapatan dalam operasional suatu Bank adalah salah satu komponen dasar yang mempengaruhi penyajian laporan keuangan. Dimana pengakuan dan pengukuran yang benar pada pendapatan secara langsung bisa mempengaruhi pengakuan dan pelaporan laba. Laba Muncul sebagai akibat dari total pendapatan melebihi total biaya yang dibebankan atas produk yang dijual. Perubahan suku bunga KPR adalah proses perubahan suku bunga dari masa Fixed (tetap) ke suku bunga Floating (Mengambang) berdarkan acuan dari BI Rate Metode Analisis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode deskriptif yang menggambarkan data-data yang didapatkan dari bank.

Hasil dari penelitian memperlihatkanbahwa perlakukan akuntansi pada pendapatan bunga atas perubahan suku Bunga Fixed ke Floating pada  Kredit Pemilikan Rumah (KPR) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Manado. Telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.50 *Revisi 2010). Perlakukan akuntansi terhadap pendapatan bunga atas perubahan suku Bunga Fixed ke Floating pada  Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Manado.diakui seluruhnya  (100%) pada saat terjadinya pencairan KPR.

Published

09-04-2021