Analisis Dampak Perubahan Suku Bunga Kredit dan Tingkat Inflasi terhadap Portofolio Perusahan PT. CIMB Niaga Finance

Authors

  • Renaldi V. P. Sumantri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Hongky Dyrgo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Sweetly Mumu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado

Keywords:

Suku Bunga Kredit, Tingkat Inflasi, Portofolio Pembiayaan

Abstract

  1. CIMB Niaga Finance merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan pembiayaan (Multifinance), yang membantu menfasilitasi masyarakat pada umumnya ingin memiliki kendaraan bermotor secara kredit. Suku bunga adalah harga meminjam uang untuk menggunakan daya belinya, Inflasi adalah proses kenaikan harga-harga umum barang-barang secara terus-menerus penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah perubahan suku bunga kredit dan tingkat inflasi berpengaruh pada portofolio perusahaan PT.CIMB Niaga Finance.

Metode analisis menggunakan metode kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunkan data sekunder berupa laporan historis yang telah disusun dalam arsip perusahaan dengan analisis kuantitatif menggunakan data keuangan yang telah di publikasikan oleh PT. Cimb Niaga Finance, Uji instrumen dilakukan menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, uji autokorelasi, regresi linear berganda, analisis korelasi parsial, pengujian hipotesa ( uji t dan uji f ), dan koefisien determinasi. Dalam pengelolaan data menggunakan program data SPSS ( statistic package for social of science ) versi 18 dan microsoft excel 2010.

Berdasarkan dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 1512.767 + 9.276 (X1) - 164.113 (x2). Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap varibel dependen adalah variabel Suku Bunga (9.276) kemudian variabel Tingkat Inflasi (-164.113), dan hasil uji F pada penelitian ini menunjukkan nilai sig. sebesar 0,266 ≥ 0,05 dalam hal ini Tingkat Inflasi terhadap Portofolio Pembiayaan di perusahaan PT.CIMB Niaga Finance memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap portofolio pembiayaan tetap. itu berarti Suku Bunga Kredit dan Tingkat Inflasi dengan demikian berpengaruh secara simultan terhadap Portofolio Pembiayaan perusahaan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Suku Bunga dan Tingkat Inflasi berpengaruh secara simultan terhadap Portofolio Pembiayaan di PT. CIMB Niaga Finance, hal ini perusahaan ingin mengetahui sejauh mana perusahaan berada posisi masa krisis  ekonomi yang kadang kita ketahui kapan datangnya dan sampai sejauh mana perusahaan dapat mengantisipasi kondisi keadaan tersebut dalam Portofolio Perusahaan. Oleh karena itu jika stabilnya perekonomian dapat menjadi langkah utama dalam menilai kinerja perusahaanya untuk mendapatkan Konsumen/Debitur di Perusahaan PT CIMB Niaga Finance sehingga Portofolio Pembiayaan dapat meningkat karena naiknya hasil booking penjualan dalam proses kredit.

Downloads

Published

24-04-2024

How to Cite

Sumantri, R. V. P. ., Dyrgo, H. ., & Mumu, S. . (2024). Analisis Dampak Perubahan Suku Bunga Kredit dan Tingkat Inflasi terhadap Portofolio Perusahan PT. CIMB Niaga Finance. Management and Accounting Reseach, 1(1), 28–39. Retrieved from http://ejournal.stiebenzar.ac.id/index.php/manacse/article/view/34

Issue

Section

Articles