Analisis Kinerja Anggaran Kegiatan Tim Pengawasan Orang Asing di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado

Authors

  • Bryan Abraham Rondonuwu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Hongky Dyrgo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Farly Teneh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado

Keywords:

Kinerja anggaran belanja, varians belanja, efisiensi

Abstract

Kantor Imigrasi Kelas I Manado merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di bawah Direktorat Jenderal Imigrasi di Provinsi Sulawesi Utara. Kantor Imigrasi kelas I TPI Manado bertugas melaksanakan Sebagian tugas Direktorat Jenderal Imigrasi di wilayah kerjanya dengan Menyusun rencana penyelenggaran program di bidang keimigrasian serta pelaksanaan administrasi keuangan, persuratan, barang milik negara dan rumah tangga serta pelaporan tugas keimigrasian. Pemerintah dapat menggunakan anggaran yang ada untuk membuat pengeluaran daerah untuk pelaksanaan kegiatan yang direncanakan. dalam penggunaan anggaran tersebut dibutuhkan evaluasi dan penilaian kinerja anggara untuk menilai penyerapan anggaran selama periode anggaran. Penilaian kinerja anggaran belanja ini dilakukan untuk mengukur penyerapan anggaran selama periode anggaran tersebut dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis varians belanja, Analisa standar deviasi dan Rasio Efisiensi untuk mengolah analisa keuntungan atau tingkat pengembalian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan analisis varians belanja menunjukan kinerja yang cukup baik karena tidak ada belanja yang melebihi anggaran, pengukuran standar deviasi menunjukkan penyerapan yang tidak sempurna pada tahun 2020 dan 2021 dan pada rasio efisiensi menunjukkan bahwa dalam pemakaian anggaran Tim Pengawasan Orang Asing melakukan efisiensi terhadap penggunaan anggaran. Adapun tidak terserapnya realisasi anggaran dengan sempurna dikarenakan adanya pembatasan sosial yang disebabkan oleh pandemi covid-19 yang membatasi setiap bentuk pelaksanaan kegiatan Tim Pengawasan Orang Asing pada Kantor Imigrasi kelas I TPI Manado yang terjadi pada tahun 2020 dan 2021.

Downloads

Published

24-04-2024

How to Cite

Rondonuwu, B. A. ., Dyrgo, H. ., & Teneh, F. . (2024). Analisis Kinerja Anggaran Kegiatan Tim Pengawasan Orang Asing di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado. Management and Accounting Reseach, 1(1), 22–27. Retrieved from http://ejournal.stiebenzar.ac.id/index.php/manacse/article/view/33

Issue

Section

Articles