FAKTOR PEMBENTUK KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA STIE EBEN HAEZAR MANADO (STUDI PADA SELURUH MAHASISWA AKTIF STIE EBEN HAEZAR MANADO)

Authors

  • Kotaro Sato Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Mercy Mantur Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Pricilia Chuanda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado

Keywords:

Pembentuk Keputusan, Perguruan Tinggi Swasta, STIE Eben Haezar Manado

Abstract

Seiring berkembangnya dunia pendidikan di Indonesia lebih tepatnya di Manado, perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) bersaing sangat erat dalam efisiensi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Selain itu, jumlah perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Manado yang banyak, semakin meningkatkan persaingan antar perguruan tinggi, karenanya pihak perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan kualitas dan menawarkan pendidikan terbaik kepada penerima layanan jasa mereka yaitu calon mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor Pembentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta STIE Eben Haezar Manado (Studi Pada Seluruh Mahasiswa Aktif STIE Eben Haezar Manado).

Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa aktif di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Variabel yang digunakan antara lain: teman kuliah, pengaruh orang tua, pengaruh teman-teman, pengaruh pihak lain, lokasi, program akademik, reputasi akademik, fasilitas pendidikan, biaya, ketersediaan bantuan keuangan, peluang kerja, iklan, admisi perwakilan kampus dan kunjungan kampus.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terbentuk 4 faktor baru yaitu Promosi Kampus, Positioning Kampus, Kredibilitas Kampus, dan Faktor Penunjang. Faktor Promosi Kampus memiliki nilai varian terbesar yaitu 40,312% dalam membentuk Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta STIE Eben Haezar Manado.

Kesimpulan yang di dapat bahwa, faktor promosi kampus, positioning kampus, kredibilitas kampus, dan faktor penunjang berpengaruh terhadap keputusan pemilihan perguruan tinggi swasta STIE Eben Haezar Manado. Disarankan untuk memperkuat promosi kampus, meningkatkan positioning kampus, memperkuat kredibilitas kampus, dan meningkatkan faktor penunjang.

Downloads

Published

24-04-2024

How to Cite

Sato, K. ., Mantur, M. ., & Chuanda, P. . (2024). FAKTOR PEMBENTUK KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI SWASTA STIE EBEN HAEZAR MANADO (STUDI PADA SELURUH MAHASISWA AKTIF STIE EBEN HAEZAR MANADO). Management and Accounting Reseach, 1(1), 4–11. Retrieved from http://ejournal.stiebenzar.ac.id/index.php/manacse/article/view/31

Issue

Section

Articles