PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG MANADO

Authors

  • Jenifer Kaeng Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Sweetly Mumu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado
  • Pricilia Chuanda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eben Haezar Manado

Keywords:

E-Service, E-Trust, Kepuasan Pengguna

Abstract

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi informasi dan aplikasi mobile telah menjadi tren dalam memfasilitasi berbagai kegiatan seharihari, termasuk dalam hal layanan kesehatan. Aplikasi mobile JKN merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang telah diadopsi oleh dunia instansi BPJS Kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality dan E-Trust terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini seluruh pengguna Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manado. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa E-Service Quality dan E-Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna baik secara parsial maupun secara simultan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t E-Service Quality (X1) diperoleh thitung sebesar 4.467 > ttabel 1.984 dengan tingkat signifikansi 0.001 < 0.05, E-Trust (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 3.517 > ttabel 1.984 dengan tingkat signifikansi 0.001 < 0.05. Hasil uji f menunjukkan nilai Fhitung sebesar 38.948 > Ftabel 3.09 dengan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini, yang diduga bahwa E-Service Quality dan E-Trust berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan Kantor Cabang Manado dapat diterima. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk penelitian lanjutan, bagi mereka yang tertarik dalam penelitian lebih lanjut, disarankan untuk mempertimbangkan penambahan variabel lain yang potensial memengaruhi kepuasan pengguna.

Downloads

Published

24-11-2023

How to Cite

Kaeng, J. ., Mumu, S. ., & Chuanda, P. . (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JKN BPJS KESEHATAN KANTOR CABANG MANADO. Management and Accounting Reseach, 2(2), 34–38. Retrieved from http://ejournal.stiebenzar.ac.id/index.php/manacse/article/view/26

Issue

Section

Articles